Keistimewaan Sirah Nabi Muhammad SAW. Sep06

Tags

Related Posts

Share This

Keistimewaan Sirah Nabi Muhammad SAW.

AQL Islamic Center – Ada beberapa keistimewaan dari sejarah kehidupan dan perjuangan Nabi Muhammad SAW. dalam menjalankan amanah risalah kenabiannya, mengajak dan menyeru seluruh umat manusia menuju Allah SWT. sehingga menjadikan siapa saja yang mempelajari dan meneliti sejarah hidup Rasulullah itu mendapatkan kenikmatan spritual dan pengalaman intelektual yang sangat berharga.

Hal itu juga menjadikan mempelajari sejarah hidup Nabi SAW, ini sebagai suatu keharusan bagi para ulama, para da’i dan mereka yang berjuang untuk melakukan perubahan dalam masyarakatnya menuju kebaikan agar hati masyarakat yang diajak dapat terbuka terhadap perubahan yang diinginkan, dan kemudian dapat menerimanya.

Di antara keistimewaan sejarah hidup (sirah) Nabi Muhammad SAW. adalah:

-  Sirah Nabi Muhammad SAW. ini adalah sejarah hidup yang paling otentik dari seorang nabi yang pernah diutus oleh Allah SWT. atau dari seorang tokoh perubahan besar yang berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Sirah Nabi ini telah sampai kepada kita di zaman ini dengan metode yang paling otentik secara ilmiah dan dengan bukti yang kuat sehingga tidak meninggalkan keraguan sedikitpun dalam peristiwa-peristiwa besar dan kejadian-kejadian utamanya.

Hal itu akan memudahkan kita untuk mengetahui distorsi, penyimpangan dan penambahan peristiwa atau mukjizat-mukjizat yang tidak pernah terjadi dan berlaku pada masa Nabi SAW. hidup.

Keistiwewaan ini tidak kita dapatkan dalam sejarah hidup para nabi dan rasul yang diutus Allah SWT. sebelumnya. Sejarah kehidupan Nabi Musa AS. telah bercampur antara yang benar dengan distorsi dan penyimpangan yang dilakukan oleh kaum Yahudi. Begitu juga dengan sirah Nabi Isa As. Dimana injil-injil yang diakui oleh gereja sekarang dan mengandung ajaran dan sejarah hidup Nabi Isa AS. baru ditulis beberapa ratus tahun setelah diangkatnya Nabi Isa AS. ke langit sehingga banyak terdapat penyimpangan dan perbedaan antara ke semua kitab Injil tersebut dalam menceritakan tentang Nabi Isa AS.

-  Sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW. ini dapat kita ketahui dengan jelas dalam semua fase kehidupannya dari lahir sampai beliau wafat. Bahkan sebelum beliau lahir dari mulai kehidupan kakeknya Abdul Muthallib. Kita dapat mengetahui banyak tentang kelahiran Muhammad, masa kecil dan remajanya, mata pencahariannya sebelum diangkat menjadi Nabi, perjalanannya ke luar Makkah. Dan setelah beliau menjadi Nabi dan utusan Allah, maka kita dapat mengetahui sejarah hidup beliau secara lebih rinci dan lebih lengkap tahun demi tahun, sehinga para ilmuwan barat mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW. adalah satu-satunya manusia yang dilahirkan di tengah cahaya matahari, sebagai ungkapan untuk menunjukkan betapa kehidupan Nabi SAW. begitu jelas dan terang bagi setiap orang untuk mengetahuinya.

-  Sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW. adalah sejarah kehidupan seorang manusia yang dimuliakan Allah SWT. dengan risalah kenabian. Risalah kenabian itu tidak mengeluarkannya dari kemanusiaannya sehingga kita tidak menemukan dalam sejarah kehidupannya dongeng atau legenda yang tidak yang tidak berdasar yang mengeluarkannya dari kemanusiaannya atau menambah sifat ketuhanan ke atas dirinya.

Jika kita bandingkan dengan Nabi Isa AS., atau pendiri agama lainnya seperti Budha tentu kita akan menemukan perbedaan yang mencolok dengan sejarah kehidupan Muhammad SAW. Hal ini membawa pengaruh yang besar bagi akhlak dan perilaku pengikut masing-masing. Anggapan bahwa Isa AS. dan Budha mempunyai sifat ketuhanan menjadikannya sulit untuk dijadikan sebagai suri tauladan dalam kehidupan pribadi dan sosial pengikutnya. Sedangkan Nabi Muhammad SAW. akan selalu menjadi contoh manusia paripurna bagi setiap pengikutnya yang ingin mencapai kehidupan mulia di dunia dan akhirat.

- Sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW. ini juga mencakup semua aspek kehidupan sehingga dapat dijadikan contoh dan tauladan bagi setiap orang. Dalam sirah Nabi SAW. ini kita akan menemukan bagaimana beliau sebagai pemuda di tengah masyarakatnya, sebagai pedagang, sebagai da’i, sebagai kepala negara, sebagai pemimpin pasukan, sebagai pendidik, sebagai ayah, sebagai suami, sebagai sahabat, sebagai tetangga dan aspek lainnya sehingga beliau dapat dijadikan tauladan bagi setiap pemuda, setiap pedagang, setiap da’i, setiap kepala negara, setiap pemimpin pasukan, setiap pendidik, setiap ayah, setiap suami, setiap sahabat, setiap tetangga dan lainnya. Dan itu tidak kita temukan dalam sejarah para nabi dan para pendiri agama lain.

- Sejarah kehidupan Muhammad ini sendiri memberikan bukti yang tidak diragukan lagi akan kebenaran risalah kenabiannya. Sejarah kehidupan beliau adalah sejarah manusia paripurna yang menyerukan dakwahnya secara manusiawi, bukan melalui kemampuan luar biasa dan mukjizat-mukjizat besar. Mukjizat terbesar beliau adalah al-Qur`an yang mengajak manusia menggunakan akalnya untuk berpikir . Beliau berdakwah dan beliau pun disakiti, kemudian mempunyai pengikut dan terpaksa berperang untuk mempertahankan dakwahnya sampai kemudian hampir semua masyarakat jazirah Arab memeluk agamanya dan tunduk pada kekuasaannya.

Barangsiapa yang mengetahui bagaimana pasukan Nabi SAW. yang sedikit mampu mengalahkan pasukan yang berkali-lipat jumlahnyadari pasukan beliau, dan betapa pendeknya masa penyampaian risalah kenabiannya, yaitu hanya sekita 23 tahun padahal ia menghadapi tantangan dan rintangan yang begitu besar, maka ia akan meyakini bahwa Nabi Muhammad SAW. adalah seorang utusan Allah SWT. yang mendapatkan pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT.

Adapun mukjizat-mukjizat yang pernah ditunjukkan Nabi SAW. bukanlah menjadi penyebab berimannya masyarakat Arab, bahkan kita tidak menemukan satu mukjizat Nabi pun yang menjadi penyebab keimanan bangsa Arab kecuali al-Qur`an.

Itulah di antara keistimewaan sirah Nabi Muhammad SAW. Semoga semua itu menjadi motivasi bagi kita mempelajari dan mengambil pelajaran dari sejarah kehidupan Rasulullah SAW. untuk kita jadikan sebagai pelita yang menerangi jalan kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini

Sumber:

Al-Sirah al-nabawiyyah: durus wa ‘ibar, DR. Musthafa al-Siba’i, al-Maktab al-Islami, Beirut.