IKUTI ULAMA YANG HANYA TAKUT PADA ALLAH Sep13

Tags

Related Posts

Share This

IKUTI ULAMA YANG HANYA TAKUT PADA ALLAH

AQL Islamic Center – Sekjend Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia (MIUMI) mengingatkan bahwa di tengah kegamangan umat dalam menghadapi realitas yang kian carut-marut dewasa ini, sebaiknya kaum muslimin hanya mengikuti ulama yang dengan ilmunya ia justru semakin takut kepada Allah.

Penegasan ini disampaikan Abi Bachtiar –panggilan akrab Bachtiar Nasir– dalam khutbah Jum’atnya di Masjid Kantor Pusat Bank BTN, Jakarta Pusat (13/9/2013). Dalam kesempatan itu, Pimpinan AQL Islamic Center ini meilih tema khutbah “Berbuatlah di Jalan Islam”.

Menurut Abi Bachtiar, sekarang ini banyak ulama yang hanya mementingkan urusan dunia dengan tipu daya penampilannya. Karena itu, katanya, jangan terkecoh dengan ulama yang hanya mengandalkan jubah dan pecinya yang bagus, serta pandai berkhutbah  dengan tutur kata yang lembut dan indah.

“Ulama yang baik ialah ulama yang dengan ilmunya ia semakin takut pada Allah. Dan dengan ilmunya itu ia juga mengajarkan umatnya untuk takut hanya kepada Allah,” jelasnya.

Menurut Abi Bachtiar, cukup mengherankan jika dewasa ini masih ada orang yang mengaku ulama atau tokoh Islam, sementara ia mendukung kegiatan maksiat. “Contohnya, yang acara ‘maksiat world’ yang sekarang sedang digelar di Bali,” paparnya.

Lebih jauh ia mengingatkan kembali tentang siapa sebenarnya orang yang paling baik dalam menjalankan keislamannya. Sambil mengutip hadist Rasulullah, ia menjelaskan bahwa menurut Islam, orang yang paling baik dalam menjalankan agamanya ialah orang yang war’a.

War’a artinya, seberapa ketat dan tegas seseorang itu bila sedang berhadapan dengan urusan yang halal dan haram,” ungkapnya.

Seseorang tidak akan mencapai derajat takwa, tandas Abi bachtiar, sebelum ia sanggup meninggalkan yang “boleh tapi meragukan”. “Seberapa besar kamu berani menyatakan ‘tidak’ kepada sesuatu yang “boleh”, karena yang “boleh” itu dapat menjerumuskan kamu kepada yang haram,” jelasnya.

Menutup Khutbah Jum’atnya, Abi Bachtiar menjelaskan tiga hal yang dapat membuat umat muslim dapat hidup terhormat. Pertama, katanya, carilah ilmu yang bermanfaat, yaitu ilmu yang dapat membuat kita malu dan semakin takut hanya kepada Allah.

Kedua, tambahnya, ketat dan tegaslah dalam beragama. Dan yang terakhir, bekerjalah sebanyak-banyaknya dengan banyak memberikan manfaat kepada orang lain.

“Jadilah orang yang berjiwa sosial dan dermawan. Karena dengan begitu kita akan jadi terhormat,” ujar Abi Bachtiar.

Video: : http://youtu.be/HZnfuKDGSxU

Oleh: Abu Lanang