Tags

Related Posts

Share This

PBB PERIKSA INFORMASI SENJATA KIMIA SURIAH

Unknown-1

AQL Islamic Center – Juru Bicara Sekjend PBB Martin Mesirky dalam pengumuman hariannya di Markas Besar PBB, Rabu (18/9), mengatakan pihaknya bersama Rusia sedang memeriksa informasi mengenai penggunaan senjata kimia di Suriah.

Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon itu menambahkan pekerjaan para pemeriksa PBB “telah disiapkan untuk mencegah pemeriksaan ilmiah independen”.

Ketika ditanya mengenai informasi yang dikatakan Rusia, diterimanya mengenai serangan di Ghouta, Suriah, pada 21 Agustus. Kelompok pencari fakta PBB telah mengeluarkan laporan yang mengkonfirmasi serangan senjata kimia pada 21 Agustus di pinggiran Ibu Kota Suriah, Damaskus.

“PBB sedang memeriksa bersama Misi Tetap Rusia untuk mengetahui secara pasti apa yang dikatakan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, di Damaskus,” kata Nesirky, seperti dilaporkan Kantor Berita Antara.

Ryabkov pada Rabu (18/9) menjelaskan bahwa tim pemeriksa PBB tidak memberi cukup perhatian pada bukti yang diberikan oleh Pemerintah Suriah. “Dalam menghadapi ini, pernyataan yang dilaporkan ini adalah upaya untuk mempertanyakan tim penyelidik sekretaris jenderal, yang dipimpin oleh Profesor Ake Sellstrom, dan kredibilitas laporan objektif menyeluruhnya,” kata juru bicara PBB itu.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon membentuk tim pemeriksa pada Maret atas permintaan Pemerintah Suriah guna mengetahui apakah senjata kimia digunakan dalam konflik Suriah, tapi bukan siapa yang menggunakannya.

Sementara itu, juru bicara tersebut menekankan bahwa Ban Ki-Moon telah berulangkali mengatakan –termasuk pada Selasa (17/9)–, kepada seluruh 193 negara anggota Sidang Majelis Umum PBB, bahwa para penyelidik akan kembali ke Suriah sesegera mungkin untuk menuntaskan pekerjaan mereka di Khan al Assal.