ISLAMIC LEADERSHIP ACADEMY: PEMUDA KUNCI KEBANGKITAN Oct12

Tags

Related Posts

Share This

ISLAMIC LEADERSHIP ACADEMY: PEMUDA KUNCI KEBANGKITAN

AQL Islamic Center – Dalam sesi pertama Islamic Leadership Academy (ILA) yang diadakan oleh Young Islamic Leaders, Ahad (6/10) lalu, Ust. Fahmi Salim mendorong pemuda untuk menjadi kunci kebangkitan Islam di Indonesia.

“Kebangkitan Islam tidak bisa dimulai jika mesjid tidak makmur. Harus ada gerakan sosial untuk memakmurkan mesjid. Pemuda harus menjadi pionir untuk memakmurkan mesjid,” paparnya dalam acara yang diadakan di AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta Selatan ini.

Intelektual muda kelahiran 22 Mei 1980 ini kemudian memaparkan pemuda seperti apa yang bisa menjadi pionir untuk memakmurkan mesjid. “Hanya pemuda yang dekat dengan Allah, yang kuat imannya. Pemuda yang kuat imannya adalah yang menularkan kebaikan-kebaikan,” ujar Wakil Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ust. Fahmi Salim juga menekankan pentingnya pemuda Muslim menanamkan keyakinan bahwa Islam dilahirkan untuk menang.

“Islam itu diutus untuk menang, hanya saja kita sebagai user daripada Islam, mau menggunakan itu sebagai senjata dan kendaraan untuk kemenangan atau tidak? Islam sebagai blueprint itu untuk menang bukan untuk jadi pecundang,” tegasnya.

Ia juga mendorong pemuda untuk belajar lagi sejarah Islam, menyadari dan menghayati peran pemuda dalam kebangkitan Islam, jeli melihat kelebihan diri sendiri, melatihnya sebagai sebuah habit/kebiasaan, serta selalu siap bekerja keras, bersikap terbuka dan berdiskusi.

Sebagai langkah praktisnya, ia menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun kriteria sebagai pemuda Muslim yang sesungguhnya. Diawali dengan pondasi ruhiyah, lalu dengan kecerdasan pemikiran melalui kepakaran disiplin ilmu, didukung perluasan networking, visi yang jelas dan terarah, dan akhirnya siap bekerjasama di dalam tim.

Pertemuan ILA YI-Lead selanjutnya akan diadakan Ahad 20 Oktober. Acara yang akan berlangsung dari pukul 13.00 – 18.00 ini rencananya akan diisi oleh Yon Mahmudi, membahas tentang gambaran dan riset kepemimpinan nasional-dunia. Pemateri ke-2 adalah Ustadz Bachtiar Nasir, dengan tema Tadabbur Ayat-ayat Kepemimpinan dan Aplikasi dari kepemimpinan Rasulullah SAW. (youngislamicleaders.org/Melita)