Tags

Related Posts

Share This

ODOJ, GAYA HIDUP BARU DAN NASIHAT ALLAH

Source: Islamedia.web.id

Source: Islamedia.web.id

(AQL Islamic Center) – Baru-baru ini telah merambah sebuah program yang sangat baik untuk internalisasi Al Quran kepada umat Islam Indonesia. OneDayOneJuz. Program yang sebenarnya sudah biasa bagi kalangan tertentu (biasanya adalah aktifis dakwah atau santri), secara resmi ditularkan dan dibuatkan sistem oleh sebuah komunitas pecinta Al Quran sedemikian rupa sehingga ODOJ menajdi menarik, mudah, dan memotivasi kalangan-kalangan yang lain.

 

Saat ini sudah hampir 50 ribu orang dan terus bertambah, tergabung dan mendawamkan onedayonejuz. Ini adalah program fenomenal di tahun 2013 dan akan menjadi Gaya Hidup Baru untuk umat Islam Indonesia di 2014.

 

Meski tidak bergabung secara resmi di group ODOJ di WhatsApp, menjalankan program ODOJ memberikan motivasi tersendiri di setiap harinya. Sharing saja, wajar jika awalnya kita terpaksa dan dipaksa. Bisa jadi ini memang cara Allah untuk kita agar lebih terbiasa dan membiasakan diri berinteraksi dengan Al Quran.

 

Nah, di sisi lain jika kita lebih cermat dan sabar melakukan prosesnya dalam tambahan program di lembar mutabaah (amal yaumiyah/amalan harian) ini, ada hikmah besar tersembunyi. Sejatinya setiap harinya kita sedang SELALU mendapatkan NASIHAT dari Allah secara langsung terhadap peristiwa dan aktivitas yang sedang kita hadapi. Ya, nasihat dariNya.

Apapun kegiatan kita, melakukan onedayonejuz dan lanjutkan dengan membaca terjemahannya, membaca tafsirnya, lalu tadabburi maknanya.. di sana akan kita dapati bahwa tiada yg kebetulan dan sia-sia dalam hidup, pena telah terangkat dan tinta telah kering. Peristiwa apa yg menimpamu hari ini, dapatkan nasihat Allah di mushafmu hari ini juga.

Tadabbur adalah membaca, mempelajari, dan mengambil pelajaran dari Kalamullah (Al Quran), hadist-hadist, dan tanda-tanda peristiwa dari Allah kepada kita. Yuk bersabar sejenak dalam membaca Al Quran. Jangan biarkan OneDayOneJuz hanya menjadi penggugur kewajiban laporan di group WA kita saja, namun lebih dalam lagi kita sedang mendapatkan nasihat dari Allah terkait setiap aktifitas kita sehari-hari. Open Your Heart, One Day One Juz. Ini bukan gaya hidup baru yang biasa, tapi gaya hidup baru menuju Indonesia Baru.

 

Ad diinu, nasihat. Begitulah rasulullaah shalallaahu alayhi wasallam bersabda. Agama ini adalah nasihat. Lengkap hadistnya sebagai berikut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ruqoyyah Tamim bin Aus Ad-Daary radhiallahu ‘anhu,

أن النبي صلى الله عليه و سلم قال: “الدين النصيحة”. قلنا: لمن يا رسول الله؟ قال: “لله, و لكتابه, و لرسوله, و لأئمة المسلمين, و عامتهم .”

“Agama adalah nasihat”. Kami bertanya:  “Bagi siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Bagi Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, bagi para pemimpin kaum muslim dan bagi kaum muslim secara umum.” (HR. Muslim)

Makna nasihat adalah “menghendaki kebaikan bagi orang yang dinasehati”. Tentu Allah SWT terhadap orang mukmin menghendaki kebaikan. Beruntunglah kita yang mendapatkan prasangka Allah yakni kebaikan terhadap diri kita dengan adanya nasihat-nasihatNya melalui Al Quran.

 

Berkaitan dengan kandungan hadist, agar tidak panjang di artikel ini, ikhwah bisa merujuk ke artikel ini : http://muslimah.or.id/hadits/agama-adalah-nasehat.html

Imam Ibnu Qayim al-Jauziyah dalam kitabnya, Raudhatul Muhibbin wa-Nuzhatul Musytaqin, menerangkan tentang tanda-tanda orang yang cinta kepada Allah, di antaranya tunduk dan patuh kepada Allah, selalu ingat kepada-Nya, mencintai apa yang dicintai-Nya, dan membenci apa yang dibenci-Nya, lebih mengutamakan rida Allah daripada rida makhluk-Nya, sabar dan rida atas musibah yang menimpanya, memiliki kecemburuan terhadap Allah, yakni apabila dia akan marah jika aturan-aturan Allah dilanggar, selalu berupaya menegakkan agama Allah, berdakwah mengajak manusia ke jalan Allah, berjihad di jalan Allah dengan harta maupun jiwanya.

 

Semoga dengan one day one juz, semakin membuat kita mengenal terbiasa dan berkebutuhan terhadap Al Quran. Mengembalikan semua urusan kehidupan kepada solusi Al Quran. Mendapatkan nikmatnya iman. Nikmat berkhusyu’ dengan Al Quran, berdialog dengan Ar Rahmaan.

 

Adalah mimpi memiliki pemimpin yang melakukan rutinitas onedayonejuz untuk saat ini. Tapi kami optimis dan tidak menutup kemungkinan, adanya program fenomenal ODOJ ini in shaa Allah bisa melahirkan pemimpin masa depan Indonesia yang lebih baik.

 

ODOJ, yang setiap harinya per 30 orang khatam Quran, dikalikan dengan puluhan ribu penggiat, semoga mendatangkan berkah dan pertolongan Allah untuk negeri tercinta kita, Indonesia. Allahu Akbar! (youngislamicleaders.org/Agastya Harjunadhi)