Tauhid: al-Hakimiyyah al-Adil Jun09

Tags

Related Posts

Share This

Tauhid: al-Hakimiyyah al-Adil

istiqlal

AQL Islamic Center – Istiqlal, Jakarta: Pada kesempatan Tabligh Akbar di Masjid Istiqlal kemarin, ustadz Bachtiar Nasir memaparkan teori yang berhubungan dengan tema tabligh kali itu yakni Tauhid.

Ustadz Bachtiar memperkenalkan tauhid dari sisi Asma’ul Husna. Beliau menerangkan bahwa kata dalam Asma’ul Husna yang berkenaan dengan tauhid kepemimpinan adalah al-Hakimiyyah al-Adil. Kata ini bergandengan yang artinya, Allah maha mengatur sekaligus maha adil.

Jadi segala aturan yang ada di bumi ini harus kembali kepada aturan Allah. Jangan seperti iblis, dengan kesombongannya dia mengakui adanya Allah tetapi tidak mau mengikuti aturanNya.

Beliau juga menegaskan bahwa kaidah sederhana mentauhidkan Allah dari al-Hakimiyyah al-Adil itu sangat simple. Yakinilah bahwa hanya Allah yang berhak untuk menciptakan dan menentukan aturan. Jadi jangan membuat aturan sendiri.

Paparan ditutup dengan mencontohkan salah satu pemimpin negara di masa Khulafa’ur Rasyiddin, Abu Bakar as-Shiddiq, dalam mentauhidkan Allah. Dari perkataan Abu Bakar, ustadz Bachtiar membakar semangat para jama’ah, “saya tidak rela Islam jatuh dan bobotnya merosot, padahal saya masih ada didunia ini.”