Kejayaan di dalam al-Qur`an (1) Jun10

Tags

Related Posts

Share This

Kejayaan di dalam al-Qur`an (1)

Allah SWT. berfirman :

إِنَّا لَنَنصُرُ‌ رُ‌سُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ الْأَشْهَادُ ﴿٥١

Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat). (QS. Ghafir [40]: 51).

وَكَانَ حَقًّا عَلَيْنَا نَصْرُ‌ الْمُؤْمِنِينَ ﴿٤٧

Dan Kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman. (QS. al-Ruum [30]: 47).

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَنصُرُ‌وا اللَّـهَ يَنصُرْ‌كُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ ﴿٧

Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS. Muhammad [47]: 7.

Ayat-ayat di atas dan yang semisalnya menunjukkan akan pertolongan Allah SWT.  dalam memperkokoh orang-orang yang beriman jika mereka berdakwah dan mengemban amanah menyampaikan risalah Allah SWT. Kepada umat manusia, baik sang pengemban amanah adalah seorang rasul (utusan) yang mulia atau seorang da’i yang beriman.

Namun, tidak jarang kita temukan dalam al-Qur`an dan Sunnah Nabi SAW. bahwa di antara para nabi dan rasul Allah SWT. ada yang dibunuh oleh orang-orang kafir seperti Nabi Yahya dan Zakaria. Ada yang berusaha dibunuh kaumnya, tetapi Allah SWT. Melindungi dan menyelamatkannya seperti Nabi Muhammad SAW. dan Nabi Ibrahim AS.

Dan tidak jarang juga, di sepanjang sejarah umat manusia kita menemukan orang-orang beriman yang menghadapi banyak banyak siksaan dan tekanan. Diantara mereka ada yang diceburkan ke dalam lubang yang penuh dengan api yang membakar dan ada juga yang dibunuh, namun mereka tetap sabar berdakwah mengajak manusia ke jalan Allah dan hanya mengharap ridla Allah SWT.

Sehingga dari kondisi itu ada yang bertanya-tanya, dimanakah janji Allah berupa kemenangan, kebahagiaan dan kekuasaan bagi orang-orang beriman? Padahal mereka telah diusir, dibunuh dan disiksa?

Bagi kita yang tidak memahami konsep kejayaan yang ada dalam al-Qur`an, mungkin akan beranggapan bahwa janji kemenangan dan pertolongan Allah SWT. bagi orang-orang beriman tidak nampak terealisasi.

Padahal, al-Qur`an menjelaskan bahwa kemenangan dan kejayaan bagi orang-orang yang beriman itu memiliki banyak jenis dan bentuk, diantaranya adalah :

1. Kemampuan menyampaikan risalah dan amanah dakwah di jalan Allah SWT.

2. Dikalahkannya musuh-musuh Allah

3. Tegaknya daulah Islamiyah

Betapa banyak para syuhada yang berjuang dan berdakwah di jalan Allah SWT. tidak menikmati dan merasakan nikmatnya kemenangan dalam mempertahankan akidah dan dakwahnya walaupun hidup seribu tahun lamanya, namun ia mendapatkan kemenangan dengan kesyahidannya karena pasti akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda sesuai dengan janji Allah SWT.