7 Aktivitas Utama Ramadhan Jun14

Tags

Related Posts

Share This

7 Aktivitas Utama Ramadhan

UBN#2

AQL Islamic Center – UI Depok: Ust. Bachtiar Nasir dalam Tarhib Ramadhannya di Masjid UI Depok, (14/6/2014), menjelaskan ada tujuh aktivitas utama yang harus dilakukan umat Islam selama bulan suci Ramadhan.

Jika umat muslim menjalani ketujuh kegiatan utama itu, menurutnya, maka kemuliaan bulan Ramadahan dapat membentuk jiwa kepemimpinan dalam dirinya untuk menjadi pribadi yang unggul.

Ketujuh kegiatan utama itu adalah: Syiam (puasa), Qiyam (shalat malam); Shadaqah (bersedekah & berinfaq); Iftar (memberi makan bagi orang yang berpuasa); Thilawah (membaca Al Qur’an, menghafal, memperbaiki bacaan, menyimak, dan mentadabburinya); Umrah (berumrah jika mampu); dan berburu datangnya malam Lailatul Qadr.

Selama berpuasa di bulan yang penuh hikmah dan berkah tersebut, papar Ust. Bachtiar, sesungguhnya yang dilaparkan hanyalah jasad atau fisiknya saja. Sedangkan ruh atau jiwa manusia sedang dikenyangkan oleh hal-hal yang bersifat batiniah.

“Dari sisi ini, sejatinya inilah cara pembentukan diri yang sangat bagus bagi orang yang ingin punya mental kepemimpinan yang bagus pula,” tandasnya.

Yang disebut pemimpin itu, lanjut Ust. Bachtiar, jika sesorang itu rela kenyangnya belakangan, tetapi merasakan laparnya duluan. “Jangan kenyangnya duluan, tetapi laparnya belakangan! Itu bukan pemimpin namanya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, pemimpin itu harus mampu mengendalikan dua hal dalam dirinya, yaitu emosi dam syahwatnya. Momentum Ramadhan inilah, tutur Ust. Bachtiar, saat yang tepat untuk membentuk pengendalian diri kedua hal tersebut, agar umat Islam mampu menjadi pemimpin, minimal mampu memimpin dirinya sendiri.

>Abu Lanang