Berkah ramadhan Jul02

Tags

Related Posts

Share This

Berkah ramadhan

rmdAQL Islamic Center – Dalam riwayat di sebutkan bahwa usia umat Muhammad SAW berkisar antara 60-70 tahun, kalau pun ada yang lebih, itu sangat minoritas. Usia umat Muhammad SAW juga lebih pendek di bandingkan umat-umat sebelumnya, bahkan usia berdakwah nabi Nuh as di sebutkan dalam Al-Qur’an sebanyak 950 tahun.

Kita memiliki harta paling sedikit yang bernama usia. Seorang penulis bernama Ibrahim An-Nu’aimy menyebutkan bahwa usia produktif seseorang tidak lebih dari sepertiga dari usianya. Sebagai contoh misalnya, usia 60 tahun, tidak mungkin semua di pergunakan untuk berkarya. Sebab usia 60 tahun itu, kalau di potong waktu tidurnya delapan jam per hari, maka itu artinya 20 tahun dari usianya sudah terpotong. Di potong lagi usia sebelum baligh sebanyak 15 tahun, maka sisa usia tinggal 25 tahun. Di potong lagi waktu ke kamar mandi, waktu makan, sekitar 6 tahun. Maka waktu produktif kita kurang dari 20 tahun. Itu pun kalau di manfaatkan dengan maksimal.

Nah, kalau di bandingkan usia 20 tahun itu dengan surga Allah yang selamanya, tentu sangat jauh. Inilah di antara rahmat dan kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya. Namun yang perlu di ketahui bahwa seseorang itu masuk surga, bukan karena amalnya melainkan karena rahmat Allah SWT. Oleh sebab itu, kita sangat membutuhkan keberkahan dari usia kita yang teramat singkat ini.

Beberapa ulama mendefenisikan arti berkah. Ada yang mengatakan berkah adalah bertambahnya kebaikan. Sebagian juga ada yang mengatakan bahwa, berkah itu menjadikan hasil karya melebihi nominalnya (usianya).

Imam Nawawi misalnya, meninggal di usia 40 tahun. Namun karya-karyanya jauh melebihi jumlah usianya. Sampai hari ini, jutaan umat islam di penjuru dunia masih bisa menikmati karya-karyanya. Di antaranya kitab riyadhusshalihin dan hadits arba’in yang sangat populer itu.

Berkah ini Allah bentangkan di bulan ramadhan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW;

ramadhan-bulan-penuh-berkah

 

“Rasulullah saw. biasanya memberi kabar gembira kepada pa. ra sahabatnya dengan bersabda: “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa.” (H.R. Ahmad dan An Nasa’i).

Jumlah hari di bulan ramadhan ini, sangat terbatas, cuma satu bulan. Tapi keberkahannya melampaui batas nominalnya. Terlebih lagi kalau kita memperoleh lailatul qadr, dimana amal ibadah pada malam itu lebih baik dari seribu bulan atau 83 tahun 3 bulan. Kalau selama 20 tahun kita mendapatkan lailatul qadr berarti sama dengan 1720 tahun. Allahu Akbar. Maha Suci Allah yang telah menjadikan ramadhan ini, malam penuh berkah. (intisari ceramah tarwih ust. Muhammad Yasir. Lc)

Abu Mujahid