Pengertian Tentang Ikhtilat Oct22

Tags

Related Posts

Share This

Pengertian Tentang Ikhtilat

1ikhtilat

AQL Islamic Center – Kata ini, mungkin baru atau tidak juga bagi sebagian orang. Catatan tentang ikhtilat ini, hanya akan disajikan sedikit saja dibagian ini bagi para pemula agar dapat dicerna dengan sempurna.

Pengertian ikhtilat secara bahasa adalah bercampurnya sesuatu dengan sesuatu yang lain. Sedangkan makna syar’inya adalah bercampurbaurnya antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahrom pada suatu tempat yang memungkinkan terjadinya interaksi diantara mereka; baik itu pandangan mata, isyarat ataupun ucapan.

Dikutip dari blog ukhtina Novita Aryani M. Noer tentang hal ini bahwa ikhtilat/pemisahan kaum pria dan kaum wanita dalam kehidupan Islam hukumnya adalah fardhu.

Dalam kehidupan Islam telah ditetapkan sejumlah nash syariat dalam segala kondisi bahwa kehidupan kaum pria terpisah dari kaum wanita. Baik dalam kehidupan khusus maupun dalam kehidupan umum, tanpa kecuali. Allah berfirman dalam salah satu potongan ayatnya:

“…kaum pria dan wanita yang gemar bersedekah, kaum pria dan kaum wanita yang gemar berpuasa, kaum pria dan kaum wanita yang memelihara kehormatannya, dan kaum pria dan kaum wanita yang banyak menyebut nama Allah…” (Q. S Al-Ahzab 33: 35).

Sedangakan wan fauzi menuliskan tentang ikhtilat dalam blognya bahwa pergaulan antara pria dan wanita itu berbeda. Pergaulan antara pria dengan pria hukumnya adalah wajib sedangkan pergaulan antara pria dengan wanita (yang bukan mahramnya) adalah haram.

Mengapa demikian? Karena hubungan ini dapat menyebabkan tidak teraplikasikannya adab sosialisasi syar’i antar lawan jenis, seperti; khalwat dan pandangan mata.

Tentunya ada kondisi yang tidak dapat dihindari antara pria dan wanita untuk berinteraksi, seperti di pasar ketika berjual beli, di Rumah Sakit antara dokter dan pasien, dsb. Ketentuan-ketentuan ini insyaallah akan dipaparkan pada tulisan berikutnya. Wallahulam…

Dikutip dari berbagai sumber:

http://chindy-utami.blogspot.com/2012/08/pengertian-ikhtilat.html

http://ummammara.wordpress.com/2011/06/22/tata-pergaulan-dalam-islam/