keutamaan zikir pagi-petang#2 Dec07

Tags

Related Posts

Share This

keutamaan zikir pagi-petang#2

zikir pgAQL Islamic Center – Kemudian setelah itu membaca tiga surah perlindungan, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. Jadi saat kita membaca tiga surah ini, berarti kita telah mengawali hari dengan proteksi yang sangat kuat, yang tidak bisa ditembus oleh kekuatan apapun. Setelah itu ia membaca zikir-zikir yang bersumber dari nabi SAW. Diantaranya;

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَصْبَحْتُ أُشْهِدُ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ، وَمَلاَئِكَتَكَ وَجَمِيْعَ خَلْقِكَ، أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ

 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku di waktu pagi ini mempersaksikan Engkau, malaikat yang memikul ‘Arys-Mu, malaikat-malaikat dan seluruh makhluk-Mu, bahwa sesungguhnya Engkau adalah Allah, tiada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau semata, tiada sekutu bagi-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Mu.” (Dibaca 4 x).

اَللَّهُمَّ مَا أَصْبَحَ بِيْ مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ بِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ فَمِنْكَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ، فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ.

Aratinya: “Ya Allah, nikmat yang kuterima atau diterima oleh seseorang di antara makhluk-Mu di pagi ini adalah dari-Mu. Maha Esa Engkau, tiada sekutu bagi-Mu. Bagi-Mu segala puji dan kepada-Mu panjatan syukur (dari seluruh makhluk-Mu).” (Dibaca 1 x)

 

اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ سَمْعِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ

 

Artinya: “Ya Allah, selamatkan tubuhku (dari penyakit dan yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan pendengaranku (dari penyakit dan maksiat atau sesuatu yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan penglihatanku, tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Engkau. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada ilah (yang berhak disembah) kecuali Engkau.” (Dibaca 3 x)

 

 

بِسْمِ اللهِ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي اْلأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Artinya: “Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Dibaca 3 x)

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا

Artinya: “Aku ridho Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama dan Muhammad SAWsebagai nabi (yang diutus oleh Allah).” (Dibaca 3 x)

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، أَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ.

 

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dari-Mu).” (Dibaca 1 x)

Kemudian tidak lupa membaca shalawat kepada nabi SAW minimal sepuluh kali,

 

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad.” (Dibaca 10 x)

Tentu ini semua menjadi kekuatan pagi jika seseorang itu memulai harinya dengan cara seperti ini.

Bisa kita bayangkan kalau tidur tanpa berdo’a, ditambah lagi dengar music dengan menggunakan earphone, mimpi juga yang buruk-buruk, pagi-pagi bangunnya kesiangan, tidak shalat dan tidak zikir, memulai pagi dengan suram. Bagaimana mungkin orang seperti ini akan tercerahkan, kekuatan dia hanya di nasi uduk atau bubur ayam itu pun kalau dapat? Sungguh celaka dan sial orang seperti ini.

Tapi orang-orang yang selalu punya komitmen tinggi setiap harinya dengan seperti ini, akan dapat full power dan sungguh oksigen ini hanya menjadi pendukung dari sebuah cita-cita besar yang hendak diraihnya. Makanya sayang sekali kalau pagi hari kita terlewatkan begitu saja tanpa ada zikir di dalamnya, hidup ini sangat rentang, ibarat komputer yang tidak punya anti virus, jiwa kita gampang dimasuki oleh hal-hal yang merusak.

Karenanya, keberkahan di awal pagi kalau mengikuti sunnah Rasulullah, itu sangat banyak sekali, banyak energy yang diperoleh, banyak kekuatan-kekuatan diluar dugaan kita. Karena malaikat yang diutus Allah senantiasa mengawal kita. Begitu pun tentunya di sore hari.

>Abu Faqih