At-Takwir Jan20

Tags

Related Posts

Share This

At-Takwir

huru-hara-hari-kiamat

AQL Islamic Center – Surat at-Takwir merupakan surat Makkiyyah yang jumlah ayatnya terdiri dari 29 ayat. Pada awal surat, ayat 1 hingga ayat 13, berisi mengenai gambaran huru hara hari kiamat. Gambaran mengenai hari kiamat tidak hanya terdapat dalam surat ini. Pada surat lain, seperti al-Qiyamah dan al-Haaqqah juga dibahas mengenai dahsyatnya hari akhir, dengan gambaran yang berbeda.

Pada surat at-Takwir gambaran hari kiamat dibagi menjadi dua bagian, pertama gambaran hari kiamat secara kasat mata dan yang kedua gambaran hari kiamat yang ghaib.

Diantara ayat-ayat yang menggambarkan hari kiamat secara kasat mata adalah antara ayat pertama hingga ayat 6. Pada ayat pertama disebutkan bahwa Allah akan menggulung matahari. Berdasarkan hadits digulung disini maksudnya adalah cahayanya hilang sehingga alam ini menjadi gelap gulita. Ali bin Abi Thalhah dari Ibnu Abbas berkata tentang ayat, “Apabila matahari digulung.” (at-Takwir: 1 maksudnya menjadi gelap (hilang cahayanya)).

Sedangkan ayat kedua menerangkan mengenai bintang yang berjatuhan. Berdasarkan hadits bahwa mereka (bintang-bintang) akan berubah, bergeser (dari lintasannya).

Sedangkan ayat yang membahas mengenai gambaran hari kiamat yang ghaib adalah ayat 7 hinga ayat 13. Bayi-bayi perempuan yang telah dibunuh hidup-hidup pada masa jahiliyyah akan menyatakan kesaksiannya atas sebab mereka dibunuh. Jangan kira mereka tidak bisa berbicara, pada saatnya tiba nanti mereka akan memberikan kesaksiannya.

Begitulah kira-kira Allah memberikan gambaran tentang hari kiamat pada surat ini. Semuanya akan terlihat begitu nyata ketika seseorang mau mentadabburi setiap ayatnya dengan keimanan. Wallahualam…