Karena Islam Itu Sudah Terang Jan22

Tags

Related Posts

Share This

Karena Islam Itu Sudah Terang

terang

AQL Islamic Center – Kajian Kamis pagi ini diawali dengan menyelesaikan surat al-Baqarah ayat 255. Ustadz Bachtiar Nasir menerangkan bahwa ketika kita dapat memahami ayat ini, ayat Qursi, maka kita telah memahami sebagian besar dari isi al-Qur’an. Dikatakan pula bahwa Allah disebutkan sebanyak 17 kali dalam ayat yang terdapat pada bacaan dzikir pagi dan petang ini.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan mengenai surat terkait, ustadz Bachtiar lalu melanjutkan kajian pada ayat berikutnya yakni ayat 256. Seperti biasa, beliau membimbing jama’ah yang didominasi ummahat untuk membacanya secara bersama-sama dan menganjurkan untuk menghafalnya. Lalu dibacakan terjemahan al-Jalalain dan diterangkan beberapa kata khiasan yang terdapat didalamnya.

Suatu hari dalam khutbah Jum’at di mesjid Istiqlal, ustadz Bachtiar memberi komentar tentang adanya pembaptisan di Car Free Day. Beliau mengatakan bahwa “Tidak ada paksaan bagi manusia untuk mengikuti agama Islam karena agama yang Allah wahyukan kepada Rasulullah Muhammad ini sudah sangat jelas dan terang.” Ternyata dalilnya ada pada surat al-Baqarah ayat 256.

Firman Allah: “Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada Taguut dan beriman kepada Allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS al-Baqarah: 256). Sedangkan tali yang dimaksudkan disini adalah agama Allah, al-Islam.

Asbab annuzul dari turunnya ayat ini adalah karena pada zaman dahulu kaum Anshar sulit sekali untuk memiliki keturunan. Karena sulitnya mereka memiliki keturunan akhirnya ketika mendapatkan amanah ini mereka biasanya membuat nazar untuk dijadikannya anak-anak mereka Yahudi atau Nasrani.

Ketika datang Islam, mereka melihat bahwa Islam lebih baik. Tentunya tidak mudah bagi mereka, para orang tua, untuk menjadikan mereka seorang muslim dan marahlah mereka kepada anak-anak mereka. Maka turunlah ayat ini untuk menjelaskan kondisi agama Islam.

Begitu kira-kira apa yang telah disampaikan ustadz Bachtiar Nasir pada kajian pagi ini. Semoga memberikan manfaat dan menjadikan pencerah bagi siapapun yang mendengarkan dan berusaha untuk memahami ayat-ayat Allah ini. Wallahualam….