Tags

Related Posts

Share This

Turki Kerahkan AL Mereka Bantu Rohingya

turki

AQL Islamic Center – Dukungan untuk muslim Rohingya datang dari negara Turki. Perdana Menteri Ahmed Davutoglu mengatakan, Angkatan Laut Turki saat ini sedang melakukan upaya pencarian pengungsi Rohingya yang diperkirakan terdampar di perairan Indonesia, Thailand dan Malaysia.

Dalam pertemuan di Istana Cankaya pada 19 Mei 2015 kemarin, seperti dilansir Hurriyet Daily News, Perdana Menteri mengatakan Turki berusaha melakukan yang terbaik untuk membantu muslim Rohingya yang saat ini berada di lautan dan berkoordinasi dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), dengan bantuan kapal-kapal Angkatan Bersenjata Turki yang sudah berlayar di wilayah tersebut.

Diperkirakan, tujuh sampai delapan ribu muslim Rohingya dan imigran Banglades saat ini berada di perairan Selat Malaka. Tujuan mereka adalah Thailand, Indonesia dan Malaysia namun mendapat penolakan dari negara-negara itu.

Muslim Rohingya selama berpuluh-puluh tahun mendapat perlakuan diskriminasi dari junta militer Myanmar. Serangan terhadap suku minoritas muslim ini selama tiga tahun terakhir telah mengakibatkan terjadinya eksodus besar-besaran sejak Perang Vietnam yang menyebabkan 100.000 orang melarikan diri dari negaranya. Data tersebut berdasarkan laporan Direktur Arakan Project, Chris Lewa, yang telah memantau ruang gerak Rohingya selama sepuluh tahun terakhir.

Seperti diketahui, etnis Rohingya terdampar di Aceh sejak 10 Mei 2015 lalu sebanyak 582 orang di perairan Aceh Utara. Selanjutnya pada 15 Mei 2015 sebanyak 640 imigran Banglades dan Rohingya terdampar di Aceh Timur. Hari ini, Rabu, 20 Mei 2015 kembali terdampar sekitar 389 imigran Rohingya di Julok, Aceh Timur.

Sumber : Hurriyet Daily News / Portal Satu