REMAJA SAMBUT RAMADHAN Jun14

Tags

Related Posts

Share This

REMAJA SAMBUT RAMADHAN

tarhib ramadhanAQL Islamic Center – Beberapa tahun terakhir, remaja banyak menjadi korban media, pergaulan bebas serta penggunaan obat-obat terlarang.  Di antara penyebab semua itu adalah jauhnya remaja kita dari Allah dan panduan hidupnya. Mengantisipasi semua ini, IKBAR AQC (Ikatan Keluarga Besar Ar-Rahman Quranic College) di bawah lembaga AQL Islamic Center yang banyak fokus pada pembinaan generasi Islam mengadakan pembekalan ilmu-ilmu syariah  dalam acara tarhib Ramadhan yang diadakan di Gedung yayasan Wihdatul Muslimaat, Jl. Pedati Raya no. 1 Jakarta Timur.

Acara yang terselenggara atas kerjasama IKBAR, PIS (Pemuda Islam Sosial) dan Wihdatul Muslimaat ini berlangsung pada hari sabtu 13/6/15 dan dihadiri oleh pelajar SMP, SMA. Hadir dalam tarhib ini ustadz Utsman Baco. Lc sebagai  pemateri yang memaparkan akan pentingnya ilmu bermanfaat dan keutamaan Al-Qur’an. “banyak orang berilmu, bahkan menyandang titel kesarjanaan tertinggi, namun ilmu yang dimilikinya tidak berkah, tidak bermanfaat, sehingga cenderung mempelintirayat-ayat  Al-Qur’an, mendeskreditkan Islam serta menghina Allah. Wal iyadzu billah.” Papar ustadz yang bersuara emas ini. “itulah sebabnya kita harus banyak berdoa dan memohon direzekikan ilmu yang bermanfaat” tambahnya lagi. Bahkan ulama menyebutkan, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bersumber dari Al-Qur’an dan sunnah.

Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan, disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim bahwa sebaik-baik manusia adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya. Dalam hadits lain, barang siapa meletakkan Al-Qur’an di hadapannya, maka Al-Qur’an akan menuntunnya ke surga dan siapa yang meletakkan Al-Qur’an di belakangnya maka Al-Qur’an akan mendorongnya ke neraka. Artinya, otak, logika dan selera kita harus tunduk kepada Al-Qur’an.

Al-Qur’an dan puasa juga tidak bisa dipisahkan, sebab keduanya kelak akan memberikan syafaat bagi pelakunya. Puasa berkata, ya Allah sesungguhnya aku telah melarangnya dari makan dan minum serta syahwatnya di siang hari, maka terimalah syafaatku. Sementara Al-Qur’an berkata, ya Allah sesungguhnya aku telah mengurangi waktu tidurnya di malam hari untuk membacaku, maka terimalah syafaatku untuknya.

Selain mendengarkan taushiah, peserta juga dihibur dengan menonton film islami serta video motivasi, games Qur’ani dan kuis berhadiah. Acara pun berakhir dengan muhasabah yang menyentuh hati. Abu Faqih