Asmaul Husna: Ar-Razzaq Jun22

Tags

Related Posts

Share This

Asmaul Husna: Ar-Razzaq

 

razzaq

AQL Islamic Center – Majlis Asmaul Husna diadakan di kandang sendiri kali ini. Tapi walaupun begitu, jama’ah tetap ramai hingga memenuhi aula AQLIC bahkan ke halaman. Tema yang dibawakan adalah Ar-Razzaq, Allah Maha Pemberi Rizki.

Banyak orang lupa bahwa Allahlah yang memberi rizki. Ustadz Bachtiar Nasir menayangkan sebuah video persembahan di satu pesisir -pantai yang ditujukan untuk tolak bala dan permohonan rizki. Sebelum kambing disembelih dan dihanyutkan ke laut, persembahan itu diberi wangi-wangian dan didandani. Kemana akal manusia sehingga menjadikannya begitu lupa tentang kehadiran Allah dalam setiap tetes air yang mereka reguk.

Pada surat az-Zaariyaat ayat 58 dikatakan bahwa:

إِنَّ اللَّـهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ﴿٥٨

“Sungguh Allah, Dialah pemberi rizki yang mempunyai  kekuatan lagi sangat kukuh.”

Sedangkan pada ayat sebelumnya dikatakan bahwa:

مَا أُرِيدُ مِنْهُم مِّن رِّزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَن يُطْعِمُونِ ﴿٥٧

“Aku tidak menghendaki rizki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki agar mereka memberi makan kepadaKu.”

Jadi, untuk siapa sesembahan itu? Bahkan Allah dengan jelas mengatakan pada dua ayat di atas bahwa Ia tidak membutuhkannya karena Ia adalah pemberi rizki. Sungguh perilaku itu adalah dosa besar. Selain itu, ritual persembahan merupakan hal yang sangat mubadzir walaupun mereka menyebut nama Allah dalam pelaksanaannya.

Ustadz Bachtiar lalu mengingatkan terutama di  bulan suci Ramadhan untuk memberbanyak shadaqah seperti yang dilakukan Rasulullah, karena shadaqah adalah salah satu pembuka pintu rizki. Diriwayatkan pada satu kisah bahwa Aisyah bahkan kadang lupa untuk menyisihkan sedikit makanan bagi diri mereka sendiri. Pembantu Aisyah sering mengingatkannya untuk menyisakan sedikit untuk mereka berbuka.

Pada kisah lain diceritakan bahwa Aisyah diberi beberapa kambing oleh salah satu sahabat dan ia membagikannya kepada fakir miskin. Ia lupa bahwa Rasulullah akan berkunjung hari itu hingga hanya tersisa bagian kakinya saja, padahal Aisyah tahu bahwa Rasulullah lebih suka daging paha kambing. Ia pun meminta maaf kepada suaminya tercinta. Tapi Rasulullah berkata, “Yang telah kau berikan padaku sesungguhnya adalah yang telah kau shadaqahkan kepada mereka.”

Wallahualam…