DAURAH REMAJA MERAPI MERBABU Jul01

Tags

Related Posts

Share This

DAURAH REMAJA MERAPI MERBABU

IMG-20150701-WA0007AQL Islamic Center –Bulan keberkahan senantiasa menjadi momentum bagi lembaga dakwah untuk lebih menngenalkan islam kepada umat. Pasalnya, di bulan ini kaum muslimin lebih antusias dan bersemangat mengikuti majlis ilmu serta mendalami Al-Qur’an dari bulan lainnya.

Ar-Rahman Quranic Learnic Center (AQL) sebagai Islamic Center dan lembaga yang banyak fokus pada tadabbur Al-Qur’an menggelar banyak program yang tujuannya mengajak umat kembali kepada nilai-nilai Islam, hukum islam serta menjadikan Al-Qur’an sebagai panduan hidup.

Selain di ibu kota, AQL yang berada di daerah juga, tidak ketinggalan memberikan sumbangsih dalam rangka mencerdaskan generasi muda untuk mencitai dan membela agama yang dianutnya.

Madrasah Ar-Rahman Merapi-Merbabu misalnya yang di kelola oleh IKBAR AQC cabang Yogjakarta  menyelenggarakan Pendidikan Ramadhan bertemakan Daurah Syar’iyyah untuk Pemuda-pemudi warga lereng gunung Merapi-Merbabu selama 2 hari (29-30/ 06/15) di Dusun Panggungan yang sudah lima tahun dibina oleh AQL.

Peserta yang turut hadir sekitar 50 orang Ikhwan dan akhwat yang datang dari berbagai dusun; Pelem, Gratan, Malang, Ngagrong, Batur, Panggungan Dll bahkan ada dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

IMG-20150701-WA0002

Daurah Syar’iyyah bisa diartikan sebagai pelatihan tentang keislaman dengan bersesi. Sebab sebagian besar warga masyarakat Lereng Merapi-Merbabu belum memahami hakekat eksistensi Islam bagi dirinya, keluarganya, lingkungannya dan dalam berbangsa dan bernegara, sehingga goal dan output dari kegiatan ini dapat membantu perkembangan wawasan dan ilmu keislaman mereka.

Ramadhan adalah momentum pembentukan habit dan karakter setiap individu muslim. Bulan ini mengajarkan pendidikan dan kebaikan-kebaikan yang banyak sesuai hakekat Ramadhan sebagai Ramadhan Mubarak. Sehingga pada momentum ini selayaknya setiap insan yang beriman masuk padanya dengan memiliki visi dan misi.

Penyelenggaraan Daurah Syari’iyyah dimaksimalkan semenarik mungkin supaya harapan dari acara ini dapat tercapai walau disana sini masih banyak kekurangannya.

Materi yang disuguhkan serta pemateri yang dihadirkan pun telah dipilih yang terbaik dan dianggap memiliki kapasitas keilmuan dan memahami kondisi keagamaan di Lereng gunung Merapi-Merbabu. Adapun materi dan pemateri tersebut adalah:

IMG-20150701-WA0001

  1. Kepemudaan Dalam Islam oleh ust Muhammad Abu Dzar Lc (S1 Yaman dan Direktur Pesantren Masyarakat Merapi-Merbabu)
  2. Dienul Islam oleh Nova Al Khansa ( Mahasiswi Pasca sarjana Univ Muhammadiyah Surakarta jurusan Pemikiran Islam)
  3. Sirah oleh Aan ( Penggiat sejarah Islam dan tokoh-tokoh muslim dari Yogyakarta)
  4. Tauhid oleh Ahmad Lizar (Koordinator Madrasah Ar-Rahman Merapi-Merbabu.

Alhamdullilah antusias peserta sangat bagus, bahkan beberapa peserta mengusulkan kepada panitia supaya acara semisal ini bisa diadakan di 10 akhir Ramadhan.

IMG-20150701-WA0003

 

Dalam kegiatan ini juga, panitia menyiapkan door prize paket lebaran dan takjil bagi peserta. “Kegiatan ini dapat terselenggara karena pertolongan Allah dan bukti cinta kami kepada-Nya begitupula atas partisipasi para Jama’ah yang menginfakkan sebagian hartanya. Kami ucapkan Jazakumullah Khairan katsiran”. Tutur Bathol Harahap sebagai penanggung jawab kegiatan.

Motivasi kegiatan, “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatirkan terhadapnya. Oleh sebab itu, hendakla mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan perkataan yang benar”. (An-Nisa: 9)

 

Teks Ahmad Lizar | ed Abu Faqih | foto Hasan Basri