TADABBUR QS. AL-BAQARAH [2]: 165 (2) Nov17

Tags

Related Posts

Share This

TADABBUR QS. AL-BAQARAH [2]: 165 (2)

Tadabbur Erni

TADABBUR SURAH AL BAQARAH: 165

Oleh: Erni Syam

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ ۗ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُوا إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ

Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Tuhan selain Allah sebagai tandingan. Mereka mencintainya seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat dzalim itu melihat, ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat siksaNYA (niscaya mereka menyesal).

  • Mengenal Allah SWT:

وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُوا إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ

Allah SWT adalah segala pemilik kekuatan dan pemilik azab yang besar (Semua Kekuatan hanya milik Allah SWT dan azab Allah SWT sangat besar bagi orang-orang yang dzalim)

  • Perintah:

وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ

Allah memerintahkan hambaNYA Mencintai Allah di atas segala cinta terhadap ciptaanNYA

  • Larangan:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ

Allah melarang hambaNYA mencintai ciptaanNYA seperti mencintai Allah dan menandingi cintanya terhadap Allah

  • Action:

Mendatangkan Cinta Allah dengan selalu mendekatkan diri Kepada Allah yaitu dengan Membaca Ayat-ayat Allah (Tilawah, Tadabbur & Tahfizh) serta Berdzikir Kepada Allah SWT.