Tags

Related Posts

Share This

AQL LUNCURKAN PROGRAM MEMULIAKAN GURU QUR’AN

GURUQU#1AQL Islamic Center — Sambut Hari Guru Nasional AQL Islamic Center luncurkan program “GuruQu” (Guru Qur’an) di Masjid Raya Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (21/11/2015).

Dalam acara yang dikemas dalam format Tabligh Akbar bertema “Guruku Pahlawanku” tersebut, itu tampil sebagai pemateri pakar pendidikan Islam Dr. Hadian Huasini, MA, Penasihat Lembaga Islam Internasional untuk Pendidikan dari Arab Saudi Syaikh Khalid Al-Hamudi, dan tak ketinggalan Ust. Bachtiar Nasir, Lc, MM,  pimpinan AQL Islamic Center dan Sekjend Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI).

GURUQU#4Dalam presentasinya, Ust. Bachtiar menjelaskan bahwa program “GuruQu” memiliki dua program utama, yakni “Program Meningkatkan Kualitas Guru Qur’an” dan “Program Memuliakan Guru Qur’an”. “Program peningkatan kualitas guru akan memfokuskan pada perbaikan keilmuan sang guru, sedangkan progran memuliakan guru, lebih menikitikkan pada kesejahteraan para guru-guru Qur’an,” jelasnya.

 

Sementara Dr Adian Husaini memaparkan bahwa peran orang tua sebagai “guru” harus sudah dimulai dari rumah. Karena rumah dalah madrasah awal dari kehidupan pendidikan dan pembimbingan anak.

GURUQU#3Sedangkan Syaikh Khalid Al-Hamudi menyinggung dua poin keutamaan driprofesi seorang guru. Pertama, dimana Al Qur’an dan Hadist menyebutkan bahwa seluruh penduduk langit dan bumi, bahkan semut dan ikan, senantiasa memuji dan mendoakan untuk orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain. Dan Keutamaan kedua, pekerjaan sebagai guru, dalah jalan menuju surgaNya Allah SWT.

Ust. Bachtiar menambahkan, pentingnya peran seorang guru. “Bahkan guru lebih mulia dari orang tua” ungkapnya. “Maksudnya, jika orang tua hanya berperan sebagai perantaraan biologis si anak, sementara guru memberikan asupan jiwa bagi anak-anaknya, agar terselamatkan di akhirat kelak”.

 Penyematan Peci

GURUQU#2APeresmian “Program GuruQu” ditandai dengan penyematan peci bagi 7 Guru Qur’an oleh Syech Khalid Al-Hamudi, sebagai simbol diluncurkannya secara resmi program yang merupakan program terbaru dari AQL Islamic Center. Syech Khalid sangat mendukung program GuruQu ini, dan ia berencana akan mendatangkan dosen-dosen dan guru-guru qur’an yang bersanad hingga ke Rasulullah.

Lebih jauh, Ust Bachtiar menyebutkan minimal dua kriteria para pengajar yang bisa mengukuti “Program GuruQu”, yaitu guru yang memiliki jiwa keikhlasan dan niat awal khusus menjadi guru Al Qur’an.

Ust Bachtiar mengajak ribuan jamaah yang hadir untuk berpartisipasi di “Program GuruQu” ini. “Karena orang yang memuliakn guru qur’an, maka hidupnya akan mulia bersama Al Qur’an. Dan siapa yg memfasilitasi kebaikan, maka akan mendapatkan pahala kebaikan yang serupa,” tegas Ust Bachtiar.

Teks & Foto: Samade