Thalabul Ilmi Nov22

Tags

Related Posts

Share This

Thalabul Ilmi

adian

AQL Islamic Center – Pada acara tabligh akbar yang bertajuk “Guruku Pahlawanku” di Masjid Istiqlal Jakarta kemarin, ustadz Adian membuka acara dengan sangat menarik. Mengetengahkan tema tentang apa sebenarnya sekolah dan untuk apa sekolah itu bagi anak-anak kita?

Banyak di antara orang tua sudah salah memahami arti sekolah. Banyak juga di antara para orang tua yang memilihkan sekolah berdasarkan fasilitasnya, bukan kualitas keilmuannya. Sekolah itu sesungguhnya adalah thalabul ilmi, thalabul ilmi bisa dilakukan dimana saja tidak harus di sekolah dengan fasilitas yang aduhai.

Beliau juga mengatakan bahwa ada satu kurikulum yang sesungguhnya tidak layak dipelajari di sekolah saat ini, yakni psikologi pendidikan. Ilmu yang mengatur tentang akal manusia ini tidak sesuai dengan ilmu dasar yang seharusnya dikuasai seorang muslim, yakni Qur’an dan Hadits. Mengapa? Karena isinya kebanyakan diambil dari pemikir barat. “Padahal Qur’an dan Hadits itu sudah sangat lengkap untuk mengurusi tentang psikologi manusia.” Ujarnya.

Jika seseorang mengalami hubbud dunya bisa dikatakan bahwa ia mengalami sakit jiwa. Hal ini bertentangan dengan pemikiran barat yang menjadikan materi sebagai acuan dalam hidup. Qur’an dan Hadits mengatur bagaimana dunya seharusnya dipergunakan oleh manusia.

Itulah kira-kira sedikit yang bisa dibagikan oleh tim media kepada jama’ah. Semoga dapat menjadikan pencerahan bagi orang tua-orang tua yang merindukan ilmu haqiqi yang seharusnya dimiliki anak-anak kita. Wallahualam…