Wanita Penghuni Surga Dec06

Tags

Related Posts

Share This

Wanita Penghuni Surga

erika

AQL Islamic Center – Jika ditanya ingin secantik apakah para wanita di dunia? Mereka akan menjawab, ingin secantik bidadari. Tidak salah memang gambaran tentang bidadari yang tersebar di masyarakat, cantik, molek dan bermata jeli. Tapi, bagaimanakah kedudukan mereka di Surga sesungguhnya?

Pada kajian majlis An-Nisa yang diadakan di AQL Islamic Center, Sabtu (5/12), kemarin, dikupas tuntas tentang siapakah itu bidadari, bagaimana posisinya di surga kelak, dan apa yang akan mereka kerjakan? Bersama ustadzah Erika Suryani, wanita penghuni surga diketahui berdasarkan hadits-hadits yang shahih.

Siapa itu sesungguhnya penghuni surga? Para penghuni surga adalah penduduk bumi yang akan tinggal di surga. Bidadarikah? Bukan!! Para bidadari sesungguhnya adalah pelayan-pelayan bagi para penduduk surga dan para penghuni surga itulah ratu yang akan dilayani oleh para bidadari.

Mengapa demikian? Mengapa bidadari yang menjadi buah bibir karena kecantikannya di dunia hanya menjadi dayang-dayang bagi manusia yang menghuni surga? Keutamaan manusia dari bidadari yang dicatat dalam sebuah hadits adalah, “Karena shalat mereka, puasa dan ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya di wajah mereka, tubuh mereka adalah kain sutra, kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kekuning-kuningan, sanggulnya mutiara dan sisirnya terbuat dari emas.”

Dan para bidadari berkata, ‘Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali, kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali, kami ridha dan tidak pernah bersungut-sungut sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya.” (HR. Ath Thabrani)

Siapakah yang akan menjadi pasangan-pasangan para panghuni surga? Mereka para penghuni surga yang Allah jodohkan secara kekal dan abadi dari jenis mereka sendiri, yaitu manusia. Siapakah yang akan menjadi pelayan mereka? Bidadari yang ada di surga. Maka jangan khawatir ketika kita para wanita di dzalimi oleh suami-suaminya di dunia, karena yang berpasangan di dunia sekarang bukanlah jodohnya yang kekal.

Terakhir ustadzah Erika berpesan kepada jama’ah terutama yang masih single untuk tidak khawatir akan jodoh mereka, karena sesungguhnya jodoh mereka sudah disiapkan di surga. Salah satu hadits mengatakan dari Aisyah bahwa ia berkata, ada jodoh Rasulullah yang tidak pernah ia lihat di dunia. Rasulullah menjawab, ya, Khadijah. Tapi, ada satu lagi yang betul-betul tidak pernah di lihat di zaman nabi, yakni Maryam ibunda nabi Isa. Wallahualam…