De Latino Serpong Feb21

Tags

Related Posts

Share This

De Latino Serpong

 

delatinos

Masjid Al-Aqsa, Perumahan De Latino, Serpong

 

AQL Islamic Center-Beberapa waktu lalu, masjid Al-Aqsa yang berlokasi di perumahan De Latino, Serpong, mengadakan kajian berjudul “Masuk Surga Sekeluarga.” Selain dihadiri oleh warga setempat, ternyata undangan menyebar ke beberapa perumahan disekitarnya sehingga masjid dua lantai ini penuh sesak dipadati jama’ah. Ustadz Bachtiar Nasir yang membawakan kajian saat itu begitu semangat mengisi acara.

Masjid tidak hanya penuh di lantai atas, tapi lantai bawah yang sedang direnovasipun diisi riang suara anak-anak dan tangis balita. Banyak ibu muda yang hadir membawa bayi dan balita mereka. Seorang ibu bahkan membawa anaknya yang masih merah  bersama kedua kakaknya yang juga belum masuk usia sekolah. Suasana di bawah betul-betul meriah walaupun hanya dengan suguhan audio saja.

Setelah acara selesai, ada hal yang menarik dari seorang jamaah. Ia adalah seorang ibu muda yang begitu semangat menceritakan proses perjuangan penyebaran informasi kajian, dari awal hingga terselenggaranya acara. Di akhir kalimat ia berkata, “Alhamdulillah, kami berhasil membawa suami-suami kami ke sini untuk mengaji. Isi kajian yang dibawakan juga kena banget.” Begitu celoteh ibu muda itu.

Tidak salah memang, karena pada salah satu isi dari kajian yang disampaikan UBN adalah mengenai keterlibatan seorang ayah dalam memimpin keluarganya  menuju surga. Bagaimana mungkin seorang ayah dapat menggiring isi sebuah rumah ke surga sedangkan ia hanya berperan sebagai ATM bagi anak-anak dan istrinya. Kalimat yang dikeluarkan hanya kalimat-kalimat perintah dan pengulangan-pengulangan yang amat membosankan.

Beliau memberikan sedikit gambaran bagaimana seorang ayah harus berperan. Belajar memang kewajiban seorang anak, tapi bukan berarti si anak harus melulu mendengarkan perintah untuk belajar dan belajar. Anak memiliki hak lain yang juga harus dipenuhi ayahnya. “Dengarkanlah ceritanya, siapa yang menjadi teman dekatnya, apa yang menjadi hobi barunya, dsb.” Beliau juga menggambarkan bagaimana ia menebus waktu yang hilang bersama anaknya. “Kebetulan hari ini adalah jadwal saya diving bersama anak saya. Tapi, kewajiban ini juga tidak bisa saya tinggalkan, maka tebusannya adalah saya harus mendengarkan curhatan anak saya.” Begitu ungkap beliau.

UBN juga memberikan tips-tips menjadi orang tua yang dapat menjadikan anak-anak mereka turut bersama orang tuanya ke surga, atau sebaliknya. Diantaranya adalah do’a yang dipanjatkan nabi Ibrahim yang terdapat di dalam al-Qur’an al-Kariim.

Jamaah yang kali ini berimbang antara ayah dan bunda terlihat pulang dengan wajah puas. Semoga harapan-harapan mereka dengan segala keindahan surga di rumah dan hari akhirnya, akan lebih indah dengan doa-doa yang dipanjatkan kepadaNya. Wallahualam…