Parenting A’la Ustadz Fauzil Adhim May29

Tags

Related Posts

Share This

Parenting A’la Ustadz Fauzil Adhim

mohammad-fauzil-adhim

Ustadz Fauzil Adhim

 

AQL Islamic Center-Pada kajian bulanan mesjid al-Aqsa di D’Latinos, Serpong, ustadz Fauzil Adhim yang sudah banyak mencetak buku-buku Islami ini menerangkan banyak hal tentang parenting. Ada yang ringan, ada yang ilmiah, ada juga yang sifatnya pengetahuan umum yang wajib untuk kita ketahui.

Sebelum kita bicara tentang tema materi, mari kita tengok cara panitia mesjid ini menata manajemennya. Dilantai bawah mereka menyiapkan tempat untuk balita. Ketika si ibu ingin fokus untuk mendengarkan kajian, mereka tidak perlu cemas balitanya kesana dan kemari. Yang ditugaskan untuk menjaga para balita ini adalah anak-anak remaja kompleks yang tinggal di sekitar mesjid. Sangat cocok dengan tema parenting yang akan dibawakan bahwa keterlibatan anak dalam segala aktivitas merupakan hal yang sangat positif terutama ketika hal itu berkaitan dengan kegiatan keagamaan.

Itu para remajanya. Bagaimana dengan hal lainnya? Ada waktu-waktu terbaik untuk memberikan anak pengajaran baik secara fisik maupun mental, sosial ataupun verbal, begitupun dengan praktikal. Anak remaja sudah diberi tanggung jawab untuk menjaga anak-anak diharapkan suatu hari ketika mereka besar, mereka akan luwes untuk mengurus anak-anak mereka sendiri.

Seperti teori yang diungkapkan ustadz Fauzil Adhim bahwa dalam parenting metode Allah dan Rasulnyalah yang paling baik untuk diikuti. Kita ambil contoh praktek pelaksanaan shalat, Allah menjelaskan begitu rinci hingga kita tidak usah bingung bagaimana mengajarkan anak-anak kita tentang ketuhanan berserta praktek ibadahnya.

1. Ajarkanlah anak-anakmu tentang shalat ketika mereka 7 tahun.

2. Pukullah anak-anakmu ketika mereka tidak melaksanakan shalat ketika mereka 10 tahun, dengan pukulan yang tidak menyakitkan.

3. Lalu apa yang harus kita ajarkan sebelum usia itu? Ajarkanlah tentang ketuhanan. Ketika mereka sudah menguasai ilmu ini, niscaya orang tua akan sangat mudah untuk mengajarkan hal lainnya kepada anak-anak mereka.

Selain itu, ustadz Fauzil Adhim juga menerangkan tentang keberadaan kata larangan dan kata perintah yang sedang diperdebatkan dikalangan orang tua muda saat ini. Ibu atau Ayah takut untuk melarang anak-anaknya dalam melakukan sesuatu karena sebuah artikel tentang dilarangnya melakukan pelarangan pada anak, padahal kata ustadz Fauzil Adhim, al-Qur’an banyak sekali mengungkapkan kata-kata dengan perintah dan larangan.

Kata ini tidak datang dari ilmu psikologi tapi hanya sebuah ilmu yang dianggap ilmiah tapi sebetulnya tidak ilmiah. Sifatnya diilmiah-ilmiahkan.

Itulah kira-kira yang bisa kita petik dari kajian yang amat bermanfaat ini. Tiga poin penting tentang parenting dari guru kita yang lainnya yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Wallahualam…